PELUANG BISNIS MODAL KECIL

Penjelasan FRAGRANCE NOTES: TOP/HEAD NOTES, MIDDLE/HEART NOTES dan BASE NOTES

Penjelasan FRAGRANCE NOTES: TOP/HEAD NOTES, Middle/Heart Note dan Base Notes- 

Seorang penggemar parfum, harus mengetahui isi dari kandungan parfum (komposisi nya apa saja). 
Jadi ibarat suatu musik dengan melodinya, maka dalam parfum pun aroma akan keluar menurut komposisinya, itulah yang disebut Fragrance Notes.

Seperti layaknya lagu, maka suatu parfum biasanya ada 3 komposisi aroma: Aroma Pembuka (Head notes), Aroma Utama (Heart Notes) dan Aroma Penutup (Base Notes).

Mari kita bahas satu per satu.




Head Notes

Head Notes sering juga disebut Top Notes. Ciri khas dari aroma Head notes adalah aroma nya ringan dan fresh, biasanya tidak lama, paling hanya 5-15 menit saja, sebelum masuk ke Heart Notes.

Tapi bukan berarti tidak penting. Justru Head Notes adalah daya tarik pertama (seperti iklan saja). Coba berapa banyak dari kita, tertarik dari mencium wangi wangian pertama kali parfum di semprotkan. Nah itulah aroma Head notes.

Biasanya aroma head notes ini dari kelompok citrus (contonya: lemon, bergamot, jeruk), buah buahan yang ringan (grapefruit, berries) atau herbalis (lavender).



Heart Notes

Heart notes atau sering juga disebut Middle Note adalah aroma yang muncul setelah aroma Head notes hilang. Aroma Heart notes adalah jantung nya, intinya dari parfum. Aroma ini bertahan lebih lama dari Head notes dan mempunyai pengaruh yang kuat sebelum masuk pada tahapan terakhir aroma Base Notes. Biasanya heart notes mempunyai aroma yang enak dan menyeluruh.

Umumnya aroma heart notes terdiri dari kelompok aroma floral, rempah rempah ringan dan/atau buah-buahan. Beberapa aroma yang umumnya menjadi campuran pada heart notes adalah jasmine (melati), ylang ylang, lemon grass, rose (mawar), corriander, nutmeg (pala), cardamon, neroli, cinammon




Base Notes

Aroma Basenote akan muncul setelah aroma Headnotes benar benar hilang. Aroma Basenote akan menyatu dengan aroma Heartnotes, menjadi satu kesatuan aroma yang utuh. Aroma basenotes adalah aroma penutup dan terakhir. Tugas utama dari aroma Base note adalah membuat kesan yang mendalam (dan terakhir) dari parfum ini. Umumnya aroma Basenote yang akan menemani kita paling lama dibanding ke 2 jenis aroma di atas.

Umumnya aroma basenote lebih ke rempah rempah atau kayu kayuan, aroma yang sifatnya kuat, seperti sandalwood (kayu cendana), cedarwood, musk, vanila.






Kalau tanpa 3 jenis fragrance notes, aroma parfum akan menarik dan wangi. Tetapi dengan adanya perpaduan head notes, heart notes dan base notes, akan membuat aroma parfum sangat indah, layaknya suatu orchestra.

#salam wangi selalu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan FRAGRANCE NOTES: TOP/HEAD NOTES, MIDDLE/HEART NOTES dan BASE NOTES"

Post a Comment